Rabu, 17 April 2013

Tentang Sebuah Pesan


Ilustrasi 
Pernahkah anda mendapatkan pesan? Yah pesan baik tentang nasihat atau petuah dari seorang yang kita anggap telah terlebih  dahulu mengalami dari pada kita, atau orang yang faham akan apa yang kita alami sehingga ia memberiakan nasihat kepada kita. Pesan adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain.
Pesan muncul pasti ada maksud/tujuan, apa ada pesan namun tidak ada maksud dari pesan tersebut. Sampai saat ini saya berkeismpulan itu tidak mungkin. Jangankan pesan, tulisan yang sekarang kita baca ini pasti mempunyai maksud tertentu. Baik supaya seorang membaca tulisan ini, memahami apa yang difikirkan oleh penulis atau agar pembaca mengerti dan memahami si penulis (mencari perhatian). Pesan diberikan terkadang tidak diberikan secara langsung ada yang melalui sebuah cerita, sebuah gambar dan lainnya.

Apakah tidak ada tujuan disitu?

Sebuah lembaga memberikan pesan terhadap anggotanya, adakah tujuan disitu?


Seseorang sahabat memberi pesan terhadap sahabatnya, adakah tujuan disitu?

Seorang laki2 memberikan pesan kepada istrinya, adakah Tujuan disitu?

Namun kita juga harus memahami apa esensi dari pesan itu, karena menurut saya ini adalah hal terpenting dari sebuah pesan. Dalam sebuah pembicaraan pesan menjadi sebuah inti pokok ketika kita mampu menangkap pesan diri sebuah pembicaraan maka kita kan mengerti apa tujuan pesan tersebut. Sebuah pesan bisa muncul dari urusan pribadi atau urusan banyak orang sehingga kita harus jeli apakah pesan ini bertujuan baik atau tidak. Sehingga kita tidak membuat kesimpulan yang salah terhadap suatu pesan dan kita akan segera mengerti apa maksud dan tujuan dari sebuah besan yang diberikan kepada kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar